32.9 C
Jakarta
Sabtu, 23 Oktober 2021
BerandaKesehatanSudah Vaksin Dua Dosis Tapi Masih Harus Gunakan Masker? Ini Alasannya

Sudah Vaksin Dua Dosis Tapi Masih Harus Gunakan Masker? Ini Alasannya

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Selama pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia telah menerapkan protokol kesehatan. Yakni dengan selalu memakai masker.

Memakai masker menjadi salah satu cara agar terhindar dari virus corona. Pasalnya, penularan Covid-19 paling utama disebabkan oleh droplet yang dikeluarkan oleh mereka yang tengah terjangkit virus.

- Advertisement -

Kini, banyak masyarakat yang telah melakukan vaksinasi di dosis pertama maupun dosis kedua. Namun, hal ini bukan berarti kepatuhan akan memakai masker menjadi longgar.

Kita tidak boleh terlena karena merasa sudah divaksin. Jika itu terjadi, maka potensi penularan Covid-19 jilid dua tidak bisa terhindari.

Melansir dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, membagikan tiga alasan mengapa masyarakat harus tetap menggunakan masker walaupun sudah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap.

1. Perlindungan optimal dan vaksin baru terbangun setelah dua minggu pasca vaksinasi dosis kedua.

2. Vaksin Covid-19 terbukti dapat membantu mengurangi risiko gejala berat hingga kematian. Namun, tidak 100 persen menghindari seseorang dari penularan Covid-19.

3. Jika tertular Covid-19, umumnya seseorang akan bergejala ringan atau tanpa gejala. Namun, tetap dapat menulari orang lain yang ada di sekitarnya.

Meskipun sudah divaksinasi lengkap dan memiliki sertifikat vaksinasi, tetapi masyarakat diimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan ketat adalah adalah cara ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tulis unggahan tersebut.

Latest news

Related news

- Advertisement -