25.1 C
Jakarta
Senin, 20 September 2021
BerandaKesehatanWork From Home Terasa Lelah? Simak Tips Berikut Ini Agar Tubuh Tetap...

Work From Home Terasa Lelah? Simak Tips Berikut Ini Agar Tubuh Tetap Bugar Di Kala WFH

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.idWork From Home (WFH) menjadi populer di kalangan pekerja setelah munculnya pandemi Covid-19. Di Indonesia, WFH dilakukan atas aturan yang diberlakukan oleh pemerintah,hal ini semata-mata untuk menekan penyebaran Virus Corona yang semakin tinggi.

Untuk sebagian pekerja mungkin akan terasa bosan dan lelah jika bekerja di rumah, karena kita hanya berdiam di depan laptop ataupun saat bekerja ada gangguan dari sang buah hati.

- Advertisement -

Namun, untuk mengatasi hal ini kita harus tetap bugar dan menjaga agar terhindar dari stres walaupun bekerja di rumah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan saat WFH:

  1. Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari memiliki vitamin D yang baik untuk tubuh. Namun, untuk mendapatkannya kita harus berjemur di sinar matahari pagi. Agar tetap sehat selama work from home, kamu bisa berjemur secara rutin selama 10-15 menit setiap harinya ya. Selain itu, sinar matahari dapat membantu mengobati eksim di kulit kamu lho.

  1. Minum air mineral yang cukup

Asupan air tetap dibutuhkan oleh tubuh walaupun hanya bekerja di rumah. Jangan sampai terjadi dehidrasi, karena jika dehidrasi, konsentrasi kita pun akan terpengaruhi. Maka dari itu, konsumsi air mineral minimal delapan gelas sehari.

  1. Jangan lupa untuk selalu konsumsi buah dan sayur

Jangan lupa untuk selalu penuhi vitamin harian dengan mengonsumsi buah dan sayur. Hindari juga makan yang berlemak tinggi apalagi makanan siap saji.

  1. Duduk dengan posisi yang benar

Saat work from home, posisi bekerja Anda memang lebih bebas, bahkan sambil tengkurap di tempat tidur pun bisa. Namun, sebaiknya Anda tetap bekerja dengan posisi duduk seperti sedang bekerja di kantor, yaitu dengan kursi dan meja.

Walaupun awalnya terasa lebih nyaman, bekerja sambil berbaring atau tengkurap terlalu lama dapat meningkatkan risiko sakit punggung, leher, atau bahu. Sebab, otot-otot di bagian tersebut menjadi kaku.

Selain itu, Anda disarankan untuk berdiri dan berjalan atau melakukan peregangan paling tidak 1 jam sekali. Cara ini berguna untuk mengurangi ketegangan otot-otot yang cukup lama bertahan di posisi yang sama.

  1. Batasi dan bijak memilih camilan yang dikonsumsi

Sebaiknya Anda tetap membatasi konsumsi camilan, terutama yang tinggi kalori dan gula, agar berat badan Anda tetap terkontrol.

Mengudap makanan seperti keripik kentang, cokelat, atau snack ringan lainnya mungkin bisa membuat Anda jadi lebih semangat untuk sesaat. Tetapi, penelitian membuktikan camilan ini justru bisa membuat Anda mudah lelah dan sulit berkonsentrasi. Ini tentunya bisa membuat kegiatan work from home jadi tidak lancar.

Jika Anda merasa lapar di tengah bekerja, pilihlah camilan sehat, seperti buah, kacang-kacangan, yoghurt, atau produk olahan susu rendah lemak. Selain bisa mengatasi lapar, camilan ini juga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

  1. Menggerakkan tubuh

Di sela-sela pekerjaan kamu, ada baiknya menyempatkan waktu untuk bergerak. Nggak perlu yang berat kok, bisa dimulai dengan mengitari rumah kamu sebanyak 3-5 kali. Biar nggak bosen, bisa putar lagu favorite kamu!

  1. Mencoba aktivitas baru dan seru di rumah

Tidak hanya fisik yang perlu diperhatikan, kesehatan mental kamu juga penting. Selama dua minggu nggak keluar rumah, tentu saja rasa bosan akan menghampiri kamu. Mungkin ini saat yang tepat untuk merapikan rumah atau mencoba resep terbaru. Dengan melakukan hal-hal baru dan menyenangkan, tentu rasa bosan bisa kamu hindari.

  1. Jangan lupakan kontak sosial

Walau berada di tengah kenyamanan rumah, lama-kelamaan akan merasa bosan dan kesepian. Wajar saja, interaksi sosial saat bekerja di rumah tentunya akan menjadi lebih sedikit dibandingkan saat bekerja di kantor.

Di saat seperti ini, kita membutuhkan dukungan dan interaksi dengan orang-orang terdekat untuk memperbaiki mood dan meredakan kekhawatiran Anda.

  1. Jangan begadang dan tidur yang cukup

Kebutuhan tidur tetap harus tercukupi dan jangan begadang. Jadi, setiap pagi ketika bangun kamu tetap segar dan bugar. Dengan begini, pekerjaan kamu akan cepat selesai.

Latest news

Related news

- Advertisement -