25.4 C
Jakarta
Jumat, 26 Juli 2024
BerandaAutos TechnoJangan Salah, Saat Panaskan Mobil Matic Posisi Transmisi Harus Netral

Jangan Salah, Saat Panaskan Mobil Matic Posisi Transmisi Harus Netral

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Kebanyakan orang saat memanaskan mobil matic menggunakan transmisi yang berada di posisi P atau Parking. Tapi tau gak nih kalau semua itu ternyata salah.

Seperti yang disampaikan oleh Hermanto dari Hermanto Matic. Seharusnya ketika memanaskan mobil matic kita posisikan transmisi di N atau Netral.

- Advertisement -

“Harusnya sedang memanaskan mobil, taruh tuas transmisi di posisi N (Netral) dan jangan lupa tarik handbrake,” jelas Hermanto.

Menurutnya, saat memanaskan mesin mobil matic dengan posisi persneling atau transmisi di posisi P, akann membuat sirkulasi oli transmisi menjadi tidak akan berputar.

“Karena kalau posisi P, pompa oli tidak bekerja,” jelas Hermanto yang bengkelnya di Jalan Raden Patah Samping RS Aqidah, Parung Serab, Ciledug, Kota Tangerang.

Ada baiknya ketika memanaskan mesin posisi selalu di posisi N karena saat memanaskan mesin mobil matic, sekaligus juga memanaskan isi dari transmisinya. Sehingga pelumas atau oli matic sudah mengguyur komponen dalam transmisi tersebut.

Komponen yang sudah dilumasi itu sudah siap untuk menerima beban, sehingga gesekan dalam transmisi otomatis tidak terlalu tinggi.

Namun, jika transmisinya belum dipanasi, akibat pelumas belum mengguyur komponen. Hal ini dapat membuat part cepat aus serta kampas kopling bisa selip, dan membuat umur transmisi menjadi pendek.

Latest news

Related news

- Advertisement -