32.5 C
Jakarta
Rabu, 15 Mei 2024
BerandaKesehatanMinyak Zaitun, Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Minyak Zaitun, Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan hingga Kecantikan

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Untuk para wanita mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar minyak zaitun. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun, bentuknya yang kecil dan berwarna hijau ini, ternyata kaya akan manfaat, dari kesehatan hingga kecantikan.

Untuk dijadikan minyak, buah zaitun yang telah dipanen sebelumnya akan dicuci bersih dan kemudian akan dihancurkan.

- Advertisement -

Metode yang paling tradisional adalah dengan menumbuk buah di antara dua batu besar, seperti teknik mengulek. Akan tetapi, saat ini pabrik produsen minyak zaitun lebih sering menggunakan pisau baja untuk menumbuk buah sampai halus supaya bisa menghasilkan lebih banyak minyak.

Pasta yang dihasilkan dari buah lalu digiling untuk mengeluarkan tetesan minyak dalam proses yang disebut maserasi. Setelahnya, pasta zaitun akan diperas dalam mesin “blender” khusus, disebut centrifuge, untuk memisahkan minyak dan sari buah (air). Setelah air dikuras habis dari ekstrak zaitun, yang tersisa adalah minyak zaitun murni. Inilah yang kemudian dikemas dan diperjualbelikan di pasaran.

Nah, setelah menjadi minyak zaitun inilah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Minyak ini diperkaya oleh omega-3 dan omega-6, 15 mg vitamin E yang mencukupi 72 persen kebutuhan harian tubuh, serta 61 mg vitamin K yang mampu mencukupi 75 persen kebutuhan harian tubuh. Minyak buah zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol, karbohidrat, dan lemak.

Berikut manfaat minyak zaitun untuk kesehatan:

1. Memelihara kesehatan jantung

Minyak buah zaitun menjadi bagian pokok yang tak bisa dilepaskan dari diet Mediteranian yang terbukti sehat bagi jantung. Pasien penyakit jantung yang menjalani diet Mediterania juga dikaitkan dengan risiko kematian yang rendah akibat penyakitnya.

Dilansir dari Medical News Today, Maria-Isabel Covas, periset di Parc de Recerca Biomèdica de Barcelona, ​​Spanyol, melakukan kajian ekstensif terhadap studi yang berfokus pada efek biologis dan klinis dari minyak buah zaitun. Covas menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi minyak ini cenderung terlindungi dari risiko terkena penyakit kardiovaskuler, termasuk hipertensi, stroke, dan hiperlipidemia (kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah).

Covas juga menemukan bahwa mengonsumsi minyak ini secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, disfungsi endotel (masalah dinding lapisan dalam pembuluh darah), trombosis, dan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

Tingkat kematian akibat penyakit jantung dilaporkan rendah di negara-negara Mediterania Selatan Eropa (Maroko, Algeria, Tunisia, Libya, Mesir, Yordania, Syria, Lebanon, dan Turkey) dibandingkan dengan negara-negara barat lainnya, walaupun kasus penyakit jantung koroner mereka lebih tinggi.

2. Memerangi pankreatitis akut
Para peneliti di University of Granada di Spanyol melakukan percobaan in vitro pada minyak buah zaitun. Hasilnya para peneliti menemukan bahwa komponen tertentu dalam minyak buah zaitun dapat melindungi tubuh dari infeksi akut. Ini karena minyak buah zaitun kaya asam oleat dan hidroksitirosol, yang memengaruhi perkembangan pankreatitis akut.

3. Menjaga kesehatan hati
Sejumlah penelitian terkait manfaat minyak zaitun juga menemukan bahwa minyak ini dapat melindungi kesehatan hati dari stres oksidatif, faktor risiko utama dari penyakit jantung, kanker, serta gangguan sistem kekebalan tubuh.

Stres oksidatif mengacu pada kerusakan sel yang berhubungan dengan reaksi kimia antara radikal bebas dan molekul lain di dalam tubuh.

4. Melindungi dari peradangan usus kronis
Ulcerative colitis adalah jenis peradangan usus kronis yang terbilang cukup umum. Para ilmuwan di University of East Anglia di Inggris mengatakan bahwa meningkatkan konsumsi minyak buah zaitun bisa membantu menangkis penyakit ini.

Peneliti memperkirakan bahwa hampir setengah dari kasus ulcerative colitis bisa dihindari jika tubuh menerima lebih banyak asam oleat, yang ditemukan dalam minyak zaitun. Asam oleat bekerja memblokir senyawa aktif dalam usus yang memperburuk peradangan akibat penyakit ini.

5. Menurunkan risiko kanker payudara
Satu tim periset asal Universitat Autonoma de Barcelona di Spanyol menemukan bahwa manfaat minyak zaitun membawa potensi untuk melindungi tubuh dari kanker payudara. Khasiat minyak zaitun ini, menurut para peneliti, tidak ditemukan pada jenis minyak nabati lainnya. Minyak jagung, contohnya, malah ditemukan memiliki efek sebaiknya — meningkatkan keganasan sel tumor.

Hasil temuan ini didapat setelah mereka melakukan uji coba terhadap sel kultur sel kanker payudara yang diteteskan minyak zaitun. Minyak zaitun mengurangi aktivitas sel kanker tipe p21Ras, mencegah kerusakan DNA, dan mempercepat kematian sel tumor.

6. Menjaga berat badan sehat
Makan makanan berlemak telah lama dikaitkan dengan penambahan berat badan besar-besaran hingga bahkan obesitas. Namun meski minyak zaitun pada dasarnya adalah konsentrat lemak, mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dalam jumlah banyak sekalipun tidak menggemukkan.

Bahkan bukannya tidak mungkin Anda justru meraih berat badan ideal di penghujung hari sebagai efek dari khasiat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Sejumlah penelitian telah menghubungkan pola diet Mediterania, yang kaya akan minyak zaitun, dengan efek penurunan berat badan yang tidak main-main.

Selain kesehatan, minyak zaitun juga memliki manfaat untuk kecantikan. Inilah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan:

1. Menghilangkan Bibir Hitam
Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

2. Menebalkan Alis
Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Caranya :

  • Oleskan saja minyak zaitun pada alis sebelum tidur, Biarkan semalaman
  • Lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka

3. Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata
Selain mengaplikasikannya pada alis, Anda dapat mengaplikasikan pada bulu mata. Banyak wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, ini bisa anda dapatkan tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.

4. Mengencangkan Kulit Wajah
Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini.

Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Karena itulah minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Caranya :

  • Siapkan 1 sdm minyak zaitun
  • Campur dengan 1 sdt madu
  • Gunakan sebagai masker wajah

5. Menghaluskan Wajah
Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah untuk menghaluskan wajah. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker. Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit.

Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit Anda, dan menghaluskan wajah Anda. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Gabungan dari pepaya dan minyak zaitun akan semakin mempercepat agar wajah halus seketika.

Caranya adalah:

  • Haluskan buah pepaya
  • Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat

6. Menyembuhkan Jerawat
Jika memiliki wajah berjerawat, Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah berjerawat adalah:

Merupakan obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan.
Antioksidan nya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi.
Kandungan antibakteri nya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
Sifat anti-inflamasi nya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.
Sifat non-comedogenic nya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.

Berikut cara mengaplikasikan manfaat minyak zaitun untuk jerawat:

  • Ambil 1 sdm minyak zaitun
  • Oleskan pada wajah Anda yang terkena jerawat
  • Pijit wajah dengan lembut dan perlahan
  • Pijit dengan tekanan yang cukup
  • Lakukan selama 4 – 5 menit
  • Biarkan selama 15 – 20 menit
  • Bersihkan wajah menggunakan kain lap bersih dan hangat
  • Ulangi pijitan tersebut selama beberapa kali
  • Lakukan sebanyak 2 kali sebelum tidur setiap harinya.

7. Mengurangi ketombe
Anda dapat merasakan khasiat minyak zaitun untuk mengurangi rambut yang berketombe dengan mencampur sari lemon. Asam alami dalam jus lemon berperan mengikis lapisan ketombe (yang biasanya disebabkan oleh kulit kering terkelupas), sedangkan manfaat minyak zaitun untuk rambut ialah melembabkan lapisan kulit kepala baru di bawahnya.

  • Campurkan takaran yang seimbang antara sari lemon dan minyak zaitun, dengan tambahan sedikit air.
  • Pijat pelan-pelan ke kulit kepala, tinggalkan selama 20 menit, bilas dan cuci dengan shampo. Gunakan perawatan ini seminggu sekali.

8. Menguatkan dan mengembalikan kilau alami rambut
Selain vitamin E dan K, minyak zaitun juga kaya akan vitamin A dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi keratin rambut dan menahan kelembapan rambut. Keratin itu sendiri merupakan protein pembentuk rambut, yang sekaligus berfungsi sebagai pelindung rambut dari stress dan kerusakan.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk membilas minyak rambut berlebih yang dapat menghambat pertumbuhan folikel rambut baru dan menghambat pertumbuhan rambut.

Latest news

Related news

- Advertisement -