34.8 C
Jakarta
Sabtu, 18 Mei 2024
BerandaFinancePPKM Darurat Jawa Bali akan Diperpanjang, Sri Mulyani : Mobilitas Masyarakat Diharapkan...

PPKM Darurat Jawa Bali akan Diperpanjang, Sri Mulyani : Mobilitas Masyarakat Diharapkan Menurun Signifikan

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – PPKM Darurat Jawa Bali kemungkinan akan diperpanjang. Menanggapi hal tersebut, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sri Mulyani siapkan skenario perpanjangan PPKM Darurat. Rencana perpanjangan PPKM Darurat untuk menekan laju mobilitas dan penyebaran virus Covid-19.

Sri Mulyani mengungkapkan sejumlah wacana perpanjangan dari masa PPKM hingga 6 Minggu dan beberapa dampak PPKM terhadap sektor perekonomian.

- Advertisement -

“PPKM darurat selama 4-6 Minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus Covid-19. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan,” katanya melalui konferensi pers, Rabu (14/07/2021).

Sri menambahkan, dengan skenario tersebut maka implikasi pada sektor ekonomi khususnya pada tingkat konsumsi masyarakat akan melambat.

“Selanjutnya, Pemulihan ekonomi akan tertahan, pertumbuhan ekonomi kuartal III diprediksi melambat ke 4,0% – 5,4% year on year dan kuartal IV melambat 4,6%-5,9%,” terangnya.

Sri juga membeberkan belanja APBN diperkuat untuk merespons dampak negatif dari peningkatan kasus Covid-19 terhadap perekonomian.

“Pemerintah harus mengoptimalkan belanja agar ekonomi tidak kembali melemah seperti tahun sebelumnya. Di samping tetap mendorong pertumbuhan ekspor dan investasi. Apabila tidak ada tekanan lagi, maka ekonomi sampai akhir tahun diproyeksikan di level 3,7%-4,5%,” ungkapnya.

Meskipun demikian Sri mengatakan pemerintah dan juga masyarakat harus mendukung akselerasi vaksinasi, efektivitas PPKM darurat dan kesiapan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan.

Latest news

Related news

- Advertisement -