27.8 C
Jakarta
Selasa, 21 September 2021
BerandaUMKMEnak, Kopi dan Susu Permen Karamel di Kawasan Lembang ini Patut Dicoba

Enak, Kopi dan Susu Permen Karamel di Kawasan Lembang ini Patut Dicoba

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Bagi anda pencinta kopi dan permen susu yang sedang berlibur ke Kota Lembang. Rasanya kurang afdol jika tidak menikmati kopi pasir angling di Kp. Pasir Angling, Desa Sunten Jaya Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kopi Pasir Angling dan Permen Susu ditanam dengan ketinggian sekitar 1400 sampai 1800 mdpl.

Pemilik Permen Susu dan Kopi Pasir, Angling Suharno menuturkan ketika sering terlihat orang kota atau luar kampung yang berkunjung ke Kampung Pasir Angling untuk wisata atau sekedar foto disekitar bukti dan kampung.

- Advertisement -

 

“Kopi Pasir Angling dan Permen Susu kurang lebih 2 Tahun yang lalu pada Tahun 2018,” kata Suharno kepada IndoChannel.id.

Ditambahkan Suharno, alasannya karena di kampung kami sentra pertanian dan peternakan (sapi perah). Biasanya yang jadi buah tangan tamu hanya susu segar dan sayuran yang ada. Tidak adanya produk olahan yang dibuat warga menjadi inspirasi untuk membuat produk olahan dengan sumber alam yang ada.

“Biji kopi yang biasanya dijual mentah ke para pengepul atau bandar. Perlahan atau sedikit demi sedikit kita tampung dan kita olah menjadi Green Bean dan Roast Bean,” lanjutnya.

Suharno membeberkan produk unggulan dari Pasir Angling diantaranya adalah Permen Susu Karamel Angling dan Kopi Pasir Angling.

“Alhamdulilah hasil usahanya bisa jadi tambahan penghasilan buat para petani juga,” tutupnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -