32 C
Jakarta
Selasa, 21 September 2021
BerandaKesehatanSimak Ini Delapan Dosa Yang Keluar dari Lisan

Simak Ini Delapan Dosa Yang Keluar dari Lisan

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Perbuatan mencela kepada orang lain merupakan salah satu dosa besar yang seharusnya dihindari. Dengan perbuatan tersebut akan berdampak tidak baik.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam mengajarkan agar kita senantiasa menjaga lisan. Sebab jika tidak dapat menjaga lisan maka dapat mengundang bencana.

- Advertisement -

“Mencela orang Muslim itu suatu kefasikan, sedangkan membunuhnya adalah suatu kekufuran,” (Muttafaqun Alaih).

Dalam buku 30 Nasihat Nabi Sehari-hari karangan Muhammad Suhadi menuturkan setidaknya ada delapan bahaya lisan pertama suka berbohong, kedua suka berburuk sangka (su’uzhan) ketiga suka menggunjing (ghibah), keempat mengadu domba.

“Bohong, berburuk sangka, ghibah itu merupakan dosa besar yang berasal dari lisan,”

Kemudian, mengutuk sesama muslim, keenam bicara yang tidak perlu, ketujuh banyak berdebat terhadap sesuatu yang tidak penting, kedelapan bisa mematikan hati

Muhammad Lc, mengatakan, kita seorang Muslim tidak hanya dilarang mencela sesama manusia, tetapi juga dilarang mencela lima hal yang marupakan ciptaan Allah.

Pertama jangan mencela waktu, karena jika mencelanya berarti kita juga mencela Allah, sang pembuat waktu.

Kedua jangan mencela penyakit bahkan kita harus sabar terhadapnya. Ketiga jangan mencela binatang karena binatang adalah ciptaan Allah yang banyak membantu dan meringankan pekerjaan manusia.

Keempat jangan mencela ayam berkokok karena ia berkokok untuk membantu membangunkan orang untuk shalat malam dan salat subuh.

Kelima jangan mencela angin karena ia berhembus atas perintah Allah angin berguna untuk kehidupan.

Penulis: A Yosep

Latest news

Related news

- Advertisement -